PT. RAFA PRATAMA ZAHIRAH

Antisipasi Arus Balik Penonton MotoGP, Kemenhub Tambah 59 Penerbangan

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyiapkan 59 penerbangan tambahan untuk mengantisipasi lonjakan arus balik dari Lombok yang puncaknya diprediksi terjadi pada malam ini, Minggu (20/3), atau setelah perhelatan MotoGP selesai.

Penerbangan tambahan tersebut terdiri dari 38 extra flight, 14 charter flight, dan 7 positioning flight, dengan jumlah total 9.392 kursi.

Berdasarkan data dari Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub, telah disiapkan penerbangan ekstra, charter flight, dan positioning flight, dengan total sebanyak 168 penerbangan untuk kapasitas total 29.300 kursi selama perhelatan MotoGP.

Dari total 168 penerbangan tersebut, 135 antaranya adalah penerbangan ekstra dengan kapasitas lebih dari 25 ribu kursi rute Jakarta - Lombok sekitar 19 ribu kursi, Denpasar-Lombok 2.718 kursi, dan Surabaya-Lombok 3.834 kursi

Sementara, untuk charter flight berjumlah 22 penerbangan berkapasitas sekitar 3.500 kursi, dengan rincian Jakarta-Lombok 12 penerbangan untuk 2.023 kursi, Denpasar-Lombok delapan penerbangan dengan 1.116 kursi, dan Surabaya-Lombok dua penerbangan kapasitas 360 kursi.

Sedangkan untuk positioning flight disiapkan sebanyak 11 pesawat untuk bersiaga selama tiga hari pelaksanaan MotoGP

Nanti malam kemungkinan akan terjadi puncak pergerakan penumpang dari penonton MotoGP yang akan keluar dari Lombok. Kami telah berkoordinasi dengan para stakeholder dan operator untuk mengantisipasinya," ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi lewat rilis, Minggu (20/3).

Budi menyebut telah berkoordinasi dengan pemangku kepentingan penerbangan baik pengelola bandara maupun maskapai untuk mempersiapkan tiket "go show" atau pembelian tiket langsung pada hari keberangkatan.

"Memang sudah ada pesawat berbadan besar jenis Boeing 777 dari Garuda, tetapi itu saja tidak cukup. Untuk itu, kami mempersiapkan tiket go show untuk rute Lombok-Bali. Karena di Mandalika hotel terbatas, jadi penonton yang mau menginap di Bali bisa memanfaatkan tiket go show tersebut," tutup Budi.

(RAFA....)

Open chat
Chat RAFA
Halo, disini RAFA
Silahkan tinggalkan pesan untuk problem anda, Admin kami akan segera membalas.....